Minggu, 16 Desember 2018

9 Tips Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Apakah anak bunda tidak jarang susah guna makan? Jika iya, berarti persoalan yang bunda alami nyaris sama laksana yang dikeluhkan oleh orang tua yang lain. Mungkin bunda telah melakukan sekian banyak  cara supaya si buah hati inginkan makan, namun ternyata teknik yang bunda kerjakan tidak sukses membuat anak inginkan makan.

9 Tips Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan


Penyebab anak- anak sulit makan dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, dapat saja karena hal fisik dan bahkan hal psikis pada anak. Jika persoalan datang dari hal fisiknya, seringkali karena terdapat gangguan di organ pencernaan atau dapat jadi terdapatnya infeksi dalam tubuh anak.

Sedangkan untuk hal psikis meliputi sebab adanya gangguan psikologis pada anak, laksana misalnya diakibatkan oleh situasi rumah tangga yang bermasalah, suasana santap yang tidak cukup menyenangkan, tidak pernah makan bareng orangtua, maupun anak dipaksa memakan makanan yang tidak disukainya.

Permasalahan seperti itu memang wajar terjadi, dan biasanya saat usianya memasuki tahun pertama. Masalah tersebut biasanya karena tidak suka sayur, cuma mengemut makanannya berlama-lama atau karena anak hanya mau makan yang itu-itu saja. Jika kondisi terus menerus seperti ini sudah barang tentu membuat orang tua jadi khawatir akan kecukupan gizi buah hati, mengingat mereka masih dalam masa tumbuh kembang.

Jika demikian, bagaimana cara mengatasi anak yang sulit atau susah makan? Ada beberapa tips yang bisa bunda coba terapkan, tipsnya bisa bunda simak seperti berikut ini:

1. Coba sajikan makanan dengan porsi kecil saja.


Cobalah bunda memberi makanan pada anak dengan porsi sedikit saja, mengingat lambung si kecil belum mampu menampung makanan terlalu banyak. Usahakan suapi makanan sedikit demi sedikit hingga ia mau makan.

Baca juga : LUAR BIASA! Para Penemu Togo Sulap Sampah Jadi Robot

2. Sajikan dengan menarik.


Anak-anak cenderung lebih suka dengan tampilan yang menarik. Biar anak mau makan, cobalah sajikan menu makanan anak dengan bentuk dan tampilan menarik. Bunda bisa membentuk makanan dengan berbagai karakter, misalnya  teddy bear atau bebek kecil.

3. Variasikan menu makanan.


Coba bunda buat sejumlah pilihan menu makanan, biarkan buah anak bunda memilih makanan mana yang ia sukai. Dengan begitu anak bakal lebih suka dengan makanan cocok pilihannya.

Baca juga : Mengenal Stadium Kanker Kelenjar Getah Bening Dan Cirinya

4. Atur Jadwal Makan.


Cobalah untuk menata waktu santap dengan teratur, ini berguna supaya si kecil terbiasa dengan waktu seringkali makan. Usahakan selalu santap bersama supaya suasana menjadi lebih menyenangkan.

5. Jadikan suasana santap yang menyenangkan.


Ingat ya bunda.. Hindari mengancam anak ya biar mau santap lebih banyak. Dengan mengancam bahkan menakut-nakuti anak malah akan merasa bahwa masa-masa makan ialah ketika yang tidak menyenangkan. Ini sangat riskan pada psikologis anak. Jadi buatlah suasana santap semenyenangkan mungkin.

6. Beri cemilan sehat.


Jika anak menginjak usia 2 tahun, pasti si kecil lebih aktif dan tidak inginkan diam. Ini barangkali membuatnya susah untuk duduk manis dan santap dengan tenang. Bagi menyiasatinya, berikan ia cemilan sehat dgn porsi kecil tetapi beragam. Seperti bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, donat tabor keju, sus mini isi fla coklat, dan sebagainya.

7. Libatkan anak-anak untuk menyiapkan makanan.


Ajak anak bunda untuk ikut terjun ke dapur membantu bunda memasak, meskipun hanya membantu mengambilkan buah atau sayur dan membantu menyiapkan makanan dimeja makan. Dengan begitu, si anak juga akan berfikir tentang makanan yang diolah, dan tentu bernafsu dengan makanan yang ia olah.

Baca juga : Badan Keamanan Laut (BaKamLa) Luncurkan 3 Kapal Patroli Baru

8. Jangan memaksa atau Mengancam.


Seperti pada poin ke 5 diatas, Jadikan suasana makan yang menyenangkan. Sebaiknya hindarkan gaya memaksa dan mengancam dalam membujuk anak. Selama waktu makan, minimalkan gangguan, misalnya matikan televisi dan jauhkan buku atau mainan dari meja makan.

9. Batasi pemberian minuman di sela-sela waktu makan.


Minuman rendah lemak maupun jus buah segar memang sangat penting untuk pertumbuhan anak, namun bila terlalu banyak minum ketika makan, tidak akan ada tempat yang cukup untuk makanan maupun kudapan sehat yang bisa masuk ke dalam perut anak. Jadi, batasi pemberian minum ketika anak sedang makan.

Nah, dengan 9 Tips Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan diatas semoga dapat membantu permasalahan bunda ya..

Lihat informasi lainnya di 
"Portal Jendela Dunia"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar